Mengatasi Hama Lalat Hitam Pada Peternakan Ayam

Ayampetelur.com – menjadi peternak pemula bukan berarti harus menjadi peternak yang harus kebingunan menentukan arah usaha. Kini seorang peternak ayam yang masih pemula sekalipun memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan di bidang peternakan ayam ini. Kita tahu sebagi pemula tentu saja wajar apabila harus beradaptasi dengan banyak hal baru di dunia peternakan, akan tetapi kita juga tahu bahwa kini dunia peternakan ayam sudah terbuka lebar bagi siapa saja yang mau mempelajari. Sehingga, bagi seorang yang masih pemula sekalipun bukan tidak mungkin bagi dirinya untuk bisa meraih kesuksesan dengan sekali mencoba bahkan bisa melampai kesuksesan para peternak yang terdahulu. Karena tentu saja ada banyak ilmu yang dapat dipelajari dari berbagai kisah sukses para peternak pendahulu tersebut.

Justru para peternak pemula banyak diuntungkan dengan adannya banyak kisah sukses dari para peternak pendahulu tersebut. Selain mendapatkan inspirasi, para peternak muda tentunya bisa lebih termotivasi untuk menggeluti usaha yang menguntungkan ini. Karena jika dilihat dari peluang yang ada, sudah tidak perlu ditanyakan lagi seberapa besar peluang yang terbuka lebar untuk bertanam ayam ini. Kebutuhan masyarakat akan hasil ternak yang terus meningkat tentu menjadi salah satu pertanda bagus bagi para peternak pemula. Namun, satu hal yang tidak boleh dilewatkan oleh peternak pemula adalah bagaimana strategi untuk mengatasi berbagai masalah di perkandangan seperti penyakit, hama dan lain-lain supaya kesehatan ayam bisa terus terjaga.

Karena menjaga kesehatan ayam yang dipelihara termasuk hal yang penting dan bisa mempengaruhi kelancaran usaha, maka kali ini kita akan membahas salah satu penghambat kesehatan ayam yang disebut dengan hama lalat hitam. Hama pada ayam perlu dibasmi mengingat dampak negatif yang bisa disebabkan oleh hama tersebut bisa berupa kerugian usaha yang tidak diinginkan. Adapun hama lalat hitam ini merupakan salah satu hama yang berpotensi menyerang ayam yang diternakkan. Lalat ini memiliki ukuran tubuh sebesar nyamuk pada umumnya. Dilihat dari fisiknya, lalat hitam ini memiliki warna yang sesuai namanya yaitu hitam, dengan ukuran yang pendek. Punggung hama ini terlihat membungkuk dan dengan kaki yang juga pendek.

Lalat hitam ini termasuk hama peternakan ayam yang dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit bagi ayam berupa penyakit anemia serta penyakit berbahaya lainnya. Karena lalat dapat dengan mudah menghisap darah ayam pada siang hari. Sebenarnya lalat hitam ini memiliki tempat berkembang biak diluar lingkungan kandang yaitu di air yang mengalir. Akan tetapi lalat hitam muda tersebut bersifat akuatik dan suka pada air yang mengalir. Sedangkan telur perkembangbiakan diletakkan hewan tersebut pada benda-benda seperti batu, kayu, serta tanaman terapung. Dan setelah telur menetas, akan mulai menyerang kepala ayam dan menghisap darah setelah berhasil menembus kulit ayam.

Pengendalian hama lalat hitam perlu dilakukan apabila peternak tidak ingin mengalami kerugian dalam menjalankan usaha beternak ayam. Namun, usaha pengendalian hama lalat hitam yang satu ini bisa dibilang cukup sulit. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan 2% temefos pada granul adalah salah satu upaya yang efektif untuk mengurangi jumlah larva sekaligus lalat dewasa. Selain itu, pemberian vitamin pada ayam juga bisa dilakukan agar ayam menjadi lebih sehat atau lebih tahan terhadap penyakit yang disebabkan oleh hama tersebut. Adapun vitamin yang bisa diberikan adalah vitamin yang aman bagi ayam seperti vitamax. Nah, bagi anda yang mau order vitamax, anda bisa order dengan cara klik disini.

One thought on “Mengatasi Hama Lalat Hitam Pada Peternakan Ayam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *