Mencegah Lalat Kandang Dan Agas Penggigit Pada Peternakan Ayam

Ayampetelur.com – ayam adalah salah satu jenis unggas yang cocok hidup di iklim tropis seperti indonesia dan hasil ternaknya sudah banyak dinikmati masyarakat indonesia. Kini unggas tersebut sudah banyak dikembangkan menjadi sebuah industri peternakan ayam yang bisa dipasarkan hampir ke seluruh indonesia. Sehingga para investor kini memiliki peluang yang besar jika berani membangun investasi dari peternakan unggas berupa ayam tersebut. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi kalau kebutuhan akan hasil ternak ayam di indonesia mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Hal itu tentu juga harus didukung dengan bertambahnya jumlah peternak agar bisa memenuhi banyaknya kebutuhan akan hasil tersebut.

Namun, cukup disayangkan kalau generasi muda masih malu untuk memulai bisnis ternak ayam ini. Padahal, kalau dilihat dari seberapa besar peluang yang dimiliki usaha ternak ayam ini tentu tidak bisa diremehkan. Karena sudah banyak para peternak terdahulu yang telah lebih dahulu sukses menggeluti bidang bisnis yang satu ini. Dengan begitu, tentu generasi muda bisa mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh para peternak pendahulu tersebut. Dan salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan agar usaha peternakan ayam ini bisa sukses adalah upaya dari peternak itu sendiri untuk menjaga kesehatan unggas. Kesehatan unggas erat kaitannya dengan menghidarkan unggas dari berbagai penyakit yang berasal dari lingkungan maupun dari hama yang menyerang.

Ada banyak jenis hama yang bisa menyerang ayam yang diternakkan. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai hama yang berpotensi menyerang ayam yaitu hama lalat kandang dan agas penggigit. Lalat kandang adalah hama yang bentuknya mirip dengan lalat rumah akan tetapi memiliki ujung mulut yang tajam. Lalat jenis ini sebenarnya berkembang karena lingkungan yang lembab. Pada kebanyakan kasus, lalat berkembang di tumpukan jerami yang lembab serta pada kotoran ayam yang kandungan serat kasarnya tinggi. Karena hama lalat kandang ini hidup di tempat-tempat yang tersembunyi, maka penting bagi peternak untuk cermat menjaga ayam dari hama tersebut.

Berbeda dengan lalat kandang, agas penggigit memiliki ukuran yang bisa dikatakan sangat kecil. Saking kecilnya, hama tersebut hanya akan kelihatan seperti sebuah titik yang berwarna kehitaman ketika hinggap di kulit. Dilihat dari asal-usulnya, unggas ini tergolong sebagai spesies culicoides sp. Serta famili ceratopoginidae. Sebagai hama yang bersifat parasit, hama tersebut sebenarnya bisa menyerang unggas lain seperti kalkun. Meskipun ukurannya yang sangat kecil, akan tetapi dampak negatif yang diakibatkan oleh hama tersebut perlu diwaspadai karena bisa menjadi vektor penyakit leucocytozoon caulleryi pada ayam yang diternakkan.

Kedua jenis hama tersebut harus dicegah agar tidak masuk ke peternakan ayam dan mengakibatkan ayam sakit sehingga berpotensi menyebabkan kerugian pada usaha peternakan ayam. Untuk mencegah hama lalat kandang ini, cara yang bisa dilakukan adalah cukup dengan melakukan sanitasi yang ketat, terutama pada bagian litter agar terjaga kebersihannya dari kotoran ayam. Sedangkan untuk mengendalikan hama agas penggigit, sanitasi saja belum cukup mengingat ukuran hama tersebut yang sangat kecil. Oleh karena itu, upaya pemberian insektisida anti lalat dinilai bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi jumlah populasi hama tersebut. Memusnahkan genangan air di sekitar lingkungan kandang juga bisa dilakukan mengingat tempat tersebut menjadi salah satu tempat berkembangbiaknya hama agas penggigit. Sedangkan untuk membantu kekebalan tubuh ayam dari penyakit, anda bisa memberikan suplemen imunitas yaitu imunomax. Nah, bagi anda yang mau order imunomax, anda bisa order sekarang dengan cara klik disini.

One thought on “Mencegah Lalat Kandang Dan Agas Penggigit Pada Peternakan Ayam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *