Mengenal Penyakit Ayam Koksidiosis Dan Cara Pengobatannya

Ayampetelur.com – diantara banyak bidang bisnis yang ada, bisnis di bidang pangan merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang paling besar dibandingkan dengan bidang lainnya. Setiap orang membutuhkan pangan, dan persediaan pangan tidak setiap hari bisa terpenuhi begitu saja. Oleh karena itu, memilih untuk memiliki usaha di bidang pangan merupakan salash satu pilihan cerdas. Salah satu bisnis di bidang pangan adalah bisnis di bidang peternakan ayam. Ayam merupakan salah satu unggas yang banyak menghasilkan pangan yang memiliki gizi baik berupa protein. Apalagi hasil ternak ayam ini juga banyak disukai oleh anak-anak dan tetap populer di kalangan remaja maupun dewasa. Jadi, pasar yang sudah terbuka lebar ini rasanya tidak akan membutuhkana waktu lama bagi para pengusaha peternakan ayam untuk bisa sukses di masa mendatang.

Namun, kesuksesan tidak datang begitu saja termasuk kesuksesan dalam beternak ayam ini. Ada banyak hal yang harus dihadapi peternak selama mempersiapkan usaha sampai dengan nanti ketika usahanya tersebut telah berjalan dan mulai menjajaki pasaran. Namun, peternak pemula tidak perlu khawatir akan hal ini karena sejak dahulu memang sudah ada banyak peternak yang telah terbukti sukses meskipun harus ditempa dengan barbagai rintangan. Salah satu terpaan yang harus diwaspadai oleh peternak adalah tentang penyakit ayam. Ada banyak jenis penyakit ayam yang bisa menyerang dan bukan tidak mungkin akan merugikan peternak itu sendiri.

Kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu jenis penyakit ayam yang perlu diwaspadai yang bernama koksidiosis. Penyakit ini merupakan penyakit ayam yang disebabkan oleh eimeria. Selain bisa menyerang ayam yang diternakkan, penyakit ini juga bisa menyerang unggas pada umunya. Seperti yang diketahui penyakit ini disebabkan oleh eimeria. Eimeria tersebut akan menyerang daerah saluran pencernaan pada ayam. Dengan cara memperbanyak diri di area tersebut, hal ini akan mengakibatkan gangguan pada proses pencernaan ayam. Selain itu, proses penyerapan nutrisi pada ayam juga akan terganggu sehingga berpotensi membuat ayam menderita berbagai keanehan seperti dehidrasi, kehilangan darah, hingga meningkatnya kepekaan ayam terhadap berbagai penyakit lain.

Untuk mengidentifikasi penyakit ini, peternak bisa menandai dari gejala yang ditismbulkan. Adapun gejala yang timbul dari penyakit ini bisa bervariasi tergantung spesies eimeria yang menyerang. Kalau spesies eimeria yang menyerang bersifat kurang patogenik, gejala yang ditimbulkan biasanya cukup gejala ringan atau bahkan tanpa gejala. Namun, jika jenis eimeria yang menyerang adalah jenis yang lebih patogenik, maka dapat menyebabkan gejala berupa diare yang bersifat mukoid. Selain gejala diare tersebut, biasanya akan diikuti dengan beberapa gejala lain seperti ayam mengalami dehidrasi, anemia, lemah, dan tampak mengantuk. Bagian leher atau kepala ayam juga akan kelihatan menekuk dan juga bulunya berdiri.

Ayam yang sudah terkena penyakit ini harus segera diobati. Karena eimeria bersifat sensitif terhadap antiboiotik, jadi penyakit ini bisa diobati. Adapun beberapa obat antikoksidiosis yang telah digunakan adalah sulfaquinoksalin, sulfadimetoksin, klopidol, dekokuinat, amprolium, diklazuril dan juga toltazuril. Meskipun penyakit ini bisa diobati, akan tetapi langkah pencegahan penyakit dinilai lebih baik dari pada harus mengobati dan menambah anggaran pengobatan. Untuk langkah pencegahan penyakit ini pun sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah seperti menjaga litter agar tetap bersih sehingga tidak terjadi kontak ayam dengan protozoa penyebab penyakit ini. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan langkah sanitasi dan desinfeksi yang optimal pada kandang dan lingkungan di sekitarnya. Nah, bagi anda yang mau order desinmaxx ini, anda bisa order sekarang dengan cara klik disini.

One thought on “Mengenal Penyakit Ayam Koksidiosis Dan Cara Pengobatannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *