Mengatasi Penyakit Ayam Yang Disebabkan Oleh Cestoda

Ayampetelur.com – bagi para peternak ayam, salah satu hal yang harus mereka hindari adalah usaha yang berakhir dengan kerugian. Adanya pemberitaan tentang peternak yang merugi bisa menjadi perbincangan hangat yang membuat para peternak harus mawas diri untuk memperbaiki apa yang telah mereka usahakan untku usaha peternakan ayam mereka. Pasalnya kerugian dalam beternak bukanlah suatu hal yang main-main. Kita tahu bahwa bisnis ataupun usaha seperti peternakan ayam ini memang memiliki dua kemungkinan antara untung dan rugi. Namun, terkadang terjadi sesuati yang tidak sesuai harapan sehingga mengakibatkan kerugian. Salah satu penyebab kerugian di bisnis peternakan ayam ini adalah penyakit ayam yang tidak diatasi dengan benar.

Ada banyak penyakit ayam yang berpotensi menyerang ayam yang diternakkan. Hal ini wajar mengingat kandang bukanlah habitat asli unggas ayam, sehingga ketidakcocokan lingkungan kandang dengan lingkungan yang diinginkan ayam bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit. Apalagi ayam yang dipelihara secara intensif tentu dibutuhkan standarisasi kapasitas maupun kualitas kandang yang sesuai. Kalau terjadi ketidak sesuaian, bisa jadi kembali menjadi penyebab terjadinya penyakit ayam. Sebenarnya ada banyak macam penyebab penyakit ayam yang perlu diwaspadai oleh peternak. Kali ini kita akan membahas tentang salah satu penyebab penyakit ayam yaitu cestoda sekalian dengan cara mengatasi atau pengendaliannya.

Penyakit ayam yang disebabkan oleh cestoda ini perlu diwaspadai oleh peternak jika tidak ingin usahanya berakhir dengan merugi. Cestoda itu sendiri adalah sebutan lain dari cacing pita. Cacing pita atau cestoda ini adalah salah satu jenis cacing dengan ciri-ciri bentuknya yang pipih dan berwarna putih atau kekuning-kuningan yang sekilas menyerupai sebuah pita. Dampak yang diakibatkan oleh cacing pita ini cukup merepotkan ayam yang terinfeksi. Karena cacing pita yang berukuran besar memiliki kemampuan untuk menyumbat usus ayam yang terinfeksi sehingga tentu saja dapat mengganggu kinerja ayam. Namun spesies cacing pita yang berbeda bisa menyebabkan masalah lainnya, sehingga perlu dilakukan identifikasi untuk mengetahui jenis spesies dari cestoda yang menyerang.

Adapun nama penyakit yang disebabkan oleh cacing pita ini pun juga beragam, seperti infeksi amoebotaenia cuneata, infeksi choanotaenia infundibulum, infeksi davainea proglottina, infeksi hymenolepis, dan infeksi raillietina. Penyakit yang disebabkan oleh cacing pita tersebut harus diwaspadai oleh peternak karena penyakit tersebut termasuk salahs satu penyakit yang dapat menimbulkan kematian pada ayam. Adapun cacing pita tersebut tidak langsung menyerang ayam karena untuk bisa terinfeksi, ayam membutuhkan hospes perantara yaitu berupa insekta, cacing tanah, krustasea, siput, bekicot, atau lintah. Adapun dari banyak spesie cacing pita, raillietina cesticillus adalah spesies cacing pita yang paling sering ditemukan pada ayam yang diternakkan di kandang yang terisolasi.

Untungnya, penyakit yang disebabkan oleh cestoda ini termasuk salah satu penyakit yang bisa diatasi atau dicegah. Adapun cara penganggulangan penyakit dapat dilakukan dengan pembasmian cacing pita yaitu dengan cara pengendalian hospes perantara. Namun, kalau ayam sudah terinfeksi oleh penyakit ini maka pengobatan yang benar harus dilakukan. Adapun jenis obat yang sudah pernah diberikan untuk penyakit ini adalah butinorat. Dengan pengobatan menggunakan obat anti cacing pita, maka akan terjadi kerusakan pada skoleks sehingga dapat mematikan cacing pita. Seperti yang disebutkan diatas bahwa pencegahan penting dilakukan dengan membasmi hospes perantara dengan cara melakukan manajemen yang maksimal seeprti sanitasi dan desinfeksi yang ketat. Nah, bagi anda yang mau order desinmaxx untuk langkah desinfeksi ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

2 thoughts on “Mengatasi Penyakit Ayam Yang Disebabkan Oleh Cestoda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *