Infeksi Capillaria Pada Ayam Dan Cara Pencegahannya

Ayampetelur.com – saat ini telah banyak kalangan yang menyuarakan untuk memulai wira usaha. Kita tahu bahwa indonesia dapat dikatakan sebagai negara yang jumlah wira usahawannya masih kecil. Sehingga upaya untuk menyuarakan agar banyak yang berwira usaha patut kita pahami. Kita tahu bahwa salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan adalah dengan menciptakan lapangan kerja, dan lapangan kerja tersebut salah satunya dapat diraih apabila semakin banyak yang beralih menjadi wirausahawan atau enterpreneur. Oleh karena itu, telah banyak dicari berbagai peluang yang bsia dimanfaatkan untuk diarahkan menjadi bidang yang digeluti untuk berwirausaha. Untungnya di indonesia ini memiliki iklim yang cocok digunakan untuk beternak ayam sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan dalam memulai wira usaha. Juga telah banyak pengusaha atau peternak ayam di masa lalu yang telah lebih dahulu sukses sehingga bisa menginspirasi.

Salah satu tujuan untuk memulai wira usaha memang untuk mendapatkan keuntungan agar tidak rugi. Dan sebenarnya di masa lalu memang telah ada beberapa yang mencoba terjun di dunia peternakan ayam ini dan ternyata telah terbukti kesuksesannya. Hal ini tentu menjadi pelacut semangat bagi enterpreneur muda untuk bisa meneruskan kesuksesan para pendahulunya tersebut. Apalagi saat ini telah ada banyak fasilitas dan teknologi baru yang bisa dimanfaatkan oleh seorang peternak ayam untuk mensukseskan usahanya tersebut. Disamping itu peluang bisnis peternakan ayam ini juga terbuka lebar mengingat banyaknya permintaan pasar akan hasil ternak ayam ini.

Beternak ayam memang telah terbukti kesuksesannya, akan tetapi kesuksesan tersebut tidak dapat diraih begitu saja. Karena seperti bisnis pada umumnya, tentu ada sesuatu yang menghalangi orang untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Seperti pada bisnis peternakan ayam ini, salah satu yang menjadi penghambat adalah penyakit ayam. Penyakit ayam ini bisa berpengaruh terhadap kesuksesan wira usaha karena ada beberapa penyakit ayam yang sampai mengakibatkan kematian atau mortalitas yang tinggi terhadap ayam yang diternakkkan. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis penyakit ayam yang bernama infeksi capillaria. Infeksi tersebut merupakan salah satu penyakit ayam yang bisa mengakibatkan kematian. Penyakit ini bisa terjadi dikarenakan oleh cacing tembolok atau capillaria annulata dan capillaria contorta. Ada beberapa gejala yang ditimbulklan oleh penyakit ini. Gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah terjadinya emasiasi, diare dan enteriris hemoragik sebelum mengalami kematian apabila tidak ditangani. Adapun lesi dapat ditemui pada saluran pencernaan yang bisa menyebabkan gangguan penyerapan pakan, pencernaan dan kinerja yang rendah pada ayam. Yang tidak kalah penting adalah untuk menghindari terjadinya penularan penyakit ini, karena penyakit ini bisa tertular melalui pakan atau minuman atau benda lain yang telah tercemar oleh telur cacing yang telah terinfeksi. Tidak hanya itu, penularan melalui cacing tanah langsung pun bisa terjadi.

Karena bisa mengakibatkan kematian, maka penanganan terhadap penyakit ini sangat diperlukan. Adapun beberapa jenis obat yang bisa digunakan adalah beberapa obat cacing seperti kumafos, higromisin b dan tiabendazol. Disamping langkah pengobatan diatas, yang tidak boleh dilewatkan adalah langkah untuk pencegahan penyakit ini. Kita tahu bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati, hal ini juga berlaku untuk mengatasi salah satu penyakit yang satu ini. Adapun langkah pencegahan penyakit infeksi capillaria ini sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan mengoptimalkan langkah sanitasi dan desinfeksi. Dengan begitu, siklus hidup cacing penyebab penyakit ini dapat dilakukan dengan baik. Nah, bagi anda yang mau order desinmaxx ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

One thought on “Infeksi Capillaria Pada Ayam Dan Cara Pencegahannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *