Waspada Terhadap Infeksi Mycoplasma Synoviae Pada Ayam

Ayampetelur.com – saat ini, bisnis adalah salah satu pilihan yang banyak didambakan oleh banyak orang bahkan oleh mereka kalangan muda. Meskipun saat ini banyak pabrik dibangun sehingga orang bisa menjadi buruh untuk mencari penghidupan, akan tetapi ada masa tertentu yang membuat orang lebih menyukai berbisnis sendiri dari pada ikut pabrik atau menjadi buruh. Seperti ada masa kejenuhan yang muncul secara tiba-tiba sehingga mendorong seseorang untuk keluar dari zona nyaman sehingga memilih bisnis sebagai jalan baru dalam mencari penghidupan. Dan dalam berbisnis tentu dibutuhkan pengetahuan mengenai prospek bidang bisnis yang akan digeluti. Nah, salah satu bidang bisnis yang memilki bisnis cerah adalah bisnis ternak terutama ternak ayam. Hal ini tentu tidak lepas karena banyaknya permintaan pasar pada hasil ternak ayam serta kenaikan permintaan pada masa tertentu seperti saat musim nikahan dan lain-lain.

Para pebisnis tahu bahwa pasar peternakan ayam saat ini memang begitu habatnya. Akan tetapi sudah banyak peternak ayam yang sudah mulai sejak lama dan sudah berpengalaman menghadapi berbagai permasalan pada bisnis peternakan ayam ini. Karena walaupun ternak ayam memiliki pasar yang luas, akan tetapi tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi oleh peternak itu sendiri. Salah satu rintangan tersebut bernama penyakit ayam yang bernama infeksi mycoplasma synoviae (MS).

Kewaspadaan peternak sangat digantungkan dalam hal memelihara ayam yang mereka ternakkan dari berbagai penyakit termasuk penyakit MS. Penyakit MS ini perlu diwaspadai karena bisa berakibat fatal seperti penyakit bisa mencapai akut sampai kronis pada ayam. Penyakit ini juga mengakibatkan infeksi pada kantong udara jika tergabung dengan infeksi lain seperti newcastle disease (nd) atau infectious bronchitis (ib) atau keduanya. Penyebaran penyakit MS ini juga tidak bisa diremehkan. Penyakit ini sudah tersebar di berbagai negara termasuk asia. Terkadang penting bagi peternak untuk mengetahui gejala yang ditumbulkan penyakit ini supaya bisa bisa mengidentifikasi gejala yang ditimbulkan pada ayam. Berikut ini adalah gejala yang ditimbulkan pada ayam yang mengalami penyakit MS.

  1. perilaku ayam yang terlihat lemah
  2. ayam mengalami dehidrasi
  3. terjadi emasiasi pada ayam dan ayam jadi sulit bergerak
  4. ayam akan tetap makan dan minum kalau didekatkan ke sumber pakan dan minum
  5. sering ditemukan kotoran yang berwarna berwarna hijau dan putih karena bercampur dengan asam urat

Penyakit MS termasuk salah satu penyakit yang bisa diobati karena bersifat senditif terhadap berbagai antibiotika. Sehingga, mengobati penyakit ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi ayam yang sudah terlanjur terjangkiti penyakit ini. Ada berbagai jenis antibiotika yang bisa digunakan seperti tilosin, linkomisin, spiramisin, spektinomisin dan beberapa golongan kuinolon. Namun, pengobatan ini kebanyakan tidak bisa mengobati ayam secara tuntas. Kebanyakan pengobatan dilakukan hanya untuk mencegah terjadinya peradangan pada kanton gudara atau sinovitis, sehingga masih meninggalkan lesi yang timbul akibat penyakit ini. Bahkan pengobatan yang dilakukan ini dapat dikatakan belum bisa mengeliminasi infeksi MS pada kelompok ayam yang terjangkiti.

Oleh karena itu, selain mewaspadai dengan langkah pengobatan, juga diperlukan langkah pencegahan penyakit MS. Adapun langkah pencegahan ini lebih disarankan karena lebih aman dan diharapkan bisa menghindarkan ayam dari serangan penyakit ini. Langkah pencegahan yang tidak boleh dilewatkan adalah langkah untuk memperketat manajemen dan pengamanan biologis agar lebih optimal. Sumber penyakit biasanya berasal dari lingkungan sekitar ayam itu sendiri, sehingga langkah sanitasi atau desinfeksi yang ketat akan menjadi langkah yang tepat untuk mencegah penyakit ini. Nah, bagi anda yang mau order desinmaxx, anda bisa order dengan cara klik disini.

One thought on “Waspada Terhadap Infeksi Mycoplasma Synoviae Pada Ayam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *