Mengenal Infectious Bursal Disease Dan Cara Mencegahnya

Ayampetelur.com – beternak ayam adalah salah satu usaha yang memiliki keuntungan finansial yang lumayan tinggi. Saat ini dunia peternakan unggas yang populler adalah dunia peternakan ayam itu sendiri. Para peternak pendahulu yang mengalami kesuksesan memberi inspirasi bagi para peternak pemula untuk melanjutkan kesuksesan para pendahulunya tersebut. Tidak heran kalau saat ini telah muncul banyak peternak ayam baru yang mecoba peruntungannya di dunia peternakan unggas tersebut. Namun, merintis peternakan unggas bukanlah tanpa halangan, ada beberapa halangan dan tantangan yang harus dilalui oleh para peternak seperti mengatasi permasalahan penyakit ayam. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalalh infectious bursal disease.

Penyakit ayam memang bukanlah hal yang sulit untuk diatasi bagi mereka yang sudah berpengalaman di bidang ini selama bertahun-tahun. Akan tetapi, bagi mereka yang masi pemula tentu masih membutuhkan banyak arahan agar bisa mengatasi permasalah unggas tersebut. Nah, sebelum mengatasi permasalah seperti datangnya penyakit infectious bursal disease ini mungkin perlu bagi mereka untuk mengetahui lebih jauh tentang penyakit yang satu ini. Mulai dari penyebabnya, gejala hingga cara yang tepat agar bisa mencegah ayam terserang penyakit yang berbahaya ini. Nah, kail ini kita akan membahas mengenai salah satu penyakit yang berbahaya bagi ayam yaitu infectious bursal disease.

Nama penyakit ini adalah infectious bursal disease. Akan tetapi, ada juga yang menyebutnya dengan sebutan penyakit gumboro. Mungkin bagi anda akan lebih mudah mengingat penyakit ini dengan sebutan penyakit gumboro. Nah, penyakit ini termasuk penyakit infeksi yang bisa menyerang ayam. Tidak ada penyakit yang datang tanpa sebab. Penyakit ini bisa menyerang apabila disebabkan oleh birus dari golongan birnaviridae. Kalau dilihat lebih dekat lagi dengan patologi anatomi, penyakit ini mengakibatkan pembengkakan pada bursa fabrisius, pendarahan garis yang terjadi pada otot dada dan paha, pembengkakan ginjal, serta pendarahan titik pada musoca proventikulus. Penyakit ini termasuk yang tidak boleh diremehkan karena bisa membahayakan unggas jika dibiarkan terlalu lama.

Peternak harus sigap jika mengetahui ayamnya mengalami penyakit yang satu ini. Sehingga, perlu bagi peternak untuk mengetahui apa saja gejala yang dialami ayam saat terkena penyakit ini. Adapun beberapa gejala diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. ayam akan kehilangan nafsu makan
  2. bulu ayam akan kelihatan merinding
  3. badan ayam juga gemetar
  4. warna berak ayam akan putih
  5. ayam kelilhatan mengantuk

Itulah gejala yang bisa terjadi pada ayam yang mengalami penyakit gumboro ini. Penting bagi peternak untuk mengetahui gejala yang terjadi pada ayam yang terkena penyakit gumboro ini. Karena gumboro termasuk salah satu penyakit yang bisa menular ke ayam lain kalau dibiarkan begitu saja. Penyakit ini dapat dengan mudah menular ke ayam lain melalui perantara tinja, bisa juga melalui bahan muntahan yang mengandung virus. Selain itu, secara tidak langsung penyakit ini juga bisa menular melalui pakan, air minum maupun peralatan kandang.

Nah, sebelum ayam terkena penyakit ini, sebaiknya peternak melakukan langkah pencegahan terhadap penyakit yang satu ini. Adapun langkah pencegahannya sebenarnya tidak terlalu sulit. Pencegahan penyakit gumboro ini dapat dilakukan vaksinasi dan perbaikan biosecurity salah satunya. Kedua hal tersebut penting untuk bisa mencegah masuknya penyakit ini pada ayam. Selain itu, perbaikan manajemen juga perlu dilakukan agar ayam tidak mudah terserang penyakit termasuk penyakit infectious bursal disease ini. Memberi vitamin kekebalan tubuh ayam juga bisa menjadi upaya pencegahan penyakit ini. Nah, bagi anda yang mau order imunomax, anda bisa order dengan cara klik disini.

One thought on “Mengenal Infectious Bursal Disease Dan Cara Mencegahnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *