Mencegah Penyakit Kandidiasis Pada Peternakan Ayam

Ayampeterlur.com – usaha peternakan ayam merupakan salah satu bisnis yang banyak digemari dan banyak dicari oleh para pebisnis muda. Ada banyak kemudahan yang diberikan pada bisnis peternakan ayam ini. Apalagi banyaknya pengalaman yang telah dilalui oleh para pengusaha pendahulu menjadi landasan yang kuat bagi pebisnis baru untuk mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk bisnis yang mau mereka jalankan. Sebagai pemula dalam bisnis ternak ayam, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan peluang apa saja yang bisa didapatkan dari bisnis ini. Ada banyak hal yang bisa dirancang oleh para pemula seperti cara untuk mendapatkan usaha ternak ayam ini dengan modal yang sedikit-sedikitnya tetapi tetap bisa mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Tidak hanya cara untuk mendapatkan modal yang sebanyak-banyaknya, peternak juga harus jeli dalam memilih cara atau metode ternak yang paling efektif. Hal ini dimaksudkan agar proses peternakan ayam tersebut bisa lebih mudah terutama untuk peternak itu sendiri dalam menjalankan manajemen bisnis ternak ayam. Hal-hal kecil seperti pemilihan lampu kandang hingga hal besar seperti bagaimana membangun kandang yang besar tetapi kondusif tentu harus dipertimbangakan dengan segala sumber daya yang ada di lapangan. Terlebih hal-hal yang berkaitan dengan proses ketika usaha tersebut sudah berjalan. Satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah hal mengenai cara pengendalian penyakit ayam. Mengendalikan penyakit ayam menjadi penting karena bisa berpengaruh pada kualitas hasil ternak dan keuntungan finansial peternak.

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu penyakit ayam yang bernama kandidiasis. Bagi anda yang masih pemula mungkin masih awam dengan nama penyakit ini. Akan tetapi, penyakit ini termasuk salah satu penyakit ayam yang sulit untuk disembuhkan. Nah, penyakit ini memiliki sebutan atau nama lain yaitu moniliasis, thrush, stomatitis oidica, muguet, soor, oidomycosis, sour crop dan mikosis saluran pencernaan. Penyakit ini memang menyerang salah satu organ pencernaan pada ayam yang diternakkan. Lebih tepatnya yaitu tersifat dengan adanya penebalan pada mukosa tembolok dan terkandang juga terjadi pada rongga mulut, fagus dan proventrikulus pada ayam. Penebalan yang terjadi tersebut berwarna keputihan.

Meskipun gejala yang ditimbulkan oleh penyakit kandidiasis ini tidak terlihat spesifik, akan tetapi ada beberapa gejala yang bisa dijadikan tanda. Gejala yang terjadi pada ayam yang terjangkiti penyakit ini adalah sebagai berikut.

  1. ayam muda lebih mudah terserang penyakit ini dari pada ayam tua
  2. ayam yang berusia 1-2 minggu lebih berpotensi terjangkiti penyakit ini
  3. terjadi gangguan pertumbuhan kalau penyakit ini menyerang anak ayam
  4. anak ayam akan menjadi bersikap pucat dan lesu
  5. bulu pada anak ayam menunjukkan perubahan menjadi berdiri
  6. jika sudah terjadi peradangan pada kloaka ayam, bulu di sekitar kloaka akan ternodai kotoran berwarna putih

Upaya pengobatan pada penyakit ini sebenarnya sudah dilakukan. Namun, karena penyakit ini sulit untuk disembuhkan maka pada prakteknya para peternak terdahulu kebanyakan tidak melakukan upaya pengobatan tersebut. Oleh karena itu, penting bagi peternak untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit ini. Adapun langkah pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan cara memperketat manajeman peternakan itu sendiri. Peternak juga harus berhati-hati ketika menggunakan berbagai antibiotika pada ayam. Karena antibiotika yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu faktor terjadinya penyakit kandisiasis ini. Dan juga upaya sanitasi atau desinfeksi yang optimal juga sangat dibutuhkan untukmencegah masuknya penyakit ini. Nah, bagi anda yang mau order desinmaxx, anda bisa order dengan cara klik disini.

One thought on “Mencegah Penyakit Kandidiasis Pada Peternakan Ayam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *