Mencegah Penyakit Infeksi Pseudomonas Pada Peternakan Ayam

Ayampetelur.com – dulu mungkin beternak ayam hanya dijadikan salah satu kegiatan sampingan yang dilakukan untuk mengisi pekarangan rumah saja. Orang memelihara ayam hanya sebagai hewan pelengkap pekarangan yang akan dijual kalau laku banyak atau akan disembelih saat lebaran. Namun, saat ini kondisinya sudah berbeda. Memelihara ayam bukan lagi hanya sebagai sampingan seperti dulu lagi tetapi telah berkembang menjadi sumber penghasilan atau sebagai lahan untuk berbisnis. Iya, perkembangan jaman telah memberikan dampak tersendiri bagi para pebisnis dengan adanya banyak peluang baru di dunia bisnis. Tak terkecuali pada dunia peternakan, peternakan ayam menjadi salah satu lahan yang bisa menghasilkan jutaan bahkan milyaran melalui bisnis yang ada didalamnya.

Jarena adanya peluang yang terbuka lebar bagi siapapun untuk terjun di dunia bisnis peternakan ayam ini, maka banyak pula sumber-sumber ilmu yang bisa didapat bagi seseorang yang mau memulai beternak ayam skala bisnis ini. Mulai dari buku, media cetak, media sosial, hingga pelatihan-pelatihan yang mendukung telah banyak ditawarkan. Sebagai pemula yang baru mau pertama kali berbisnis di dunia peternakan tentu harus lebih berhati-hati untuk memilih segala persiapan yang diperlukan. Mulai dari persiapan peralatan kandang, persiapan modal dan lain-lain hingga cara penanggulangan penyakit ayam perlu disiapkan sebaik-baiknya.

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan oleh peternak adalah pengetahuan tentang penyakit ayam. Ada banyak sekali jenis penyakit ayam yang bisa menyerang ayam. Tetapi, ada juga banyak hal yang bisa mencegah terjadinya penyakit pada ayam. Jadi, peternak tidak perlu khawatir akan terjadi penyakit pada ayam yang mereka pelihara apabila telah melakukan upaya pencegahan yang diperlukan. Kali ini, kita akan membahas tentang salah satu penyakit ayam yang disebut dengan infeksi pseudomonas. Penyakit yang satu ini perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan infeksi lokal atau sistemik pada ayam dan terlebih bisa mengakibatkan kematian pada ayam yang baru menetas. Adapun gejala yang mucul pada ayam yengg mengalai penyakit ini adalah sebagai berikut.

  1. ayam menunjukkan sikap lesu
  2. terjadi kelumpuhan pada ayam
  3. pada kepala ayam terjadi pembengkakan
  4. selain pada kepala, sering juga terjadi pada sinus, telapak kaki, balung dan persendian tarsometatarsus
  5. ayam mengalami diare
  6. kalau tidak segera diatasi, bisa terjadi kematian dalam waktu 24-48 jam

Satu hal yang perlu diwaspadai dari penyakit ini adalah kemampuannya untuk menular ke ayam yang peka. Penularan penyakit infeksi pseusomonas ini bisa berlangsung akibat kontak langsung antara ayam yang sakit dengan ayam yang peka. Bahkan selain bisa tertular secara langsung, penyakit ini juga bisa tertular secara tidak langsung. Penularan yang terjadi secara tidak langsung ini bisa terjadi akibat bakteri yang terdapat pada alat kandang, inkubator, maupun benda lain disekitar ayam yang telah tercemar bakteri tersebut. Bukan tidak mungkin sanitasi atau desinfeksi yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab menularnya penyakit ini.

Untungnya, penyakiti ini bisa diobati dalam kondisi tertentu dan tentu saja bisa dicegah sebelum terjangkiti. Upaya pengobatan penyakit infeksi pseudomonas dapat dilakukan apabila infeksi yang terjadi masih dalam kondisi stadium awal. Ada beberapa antibiotika yang bisa digunakan seperti kuinolon, gentamisin, neomisin, dan kanamisin. Sedangkan untuk langkah pencegahan dapat dilakukan dengan cara melakukan manajemen yang optimal, terutama adalah mencegah terjadinya stress yang berlebihan pada ayam. Yang tidak boleh dilupakan juga adalah dengan cara memberikan sanitasi/desinfeksi yang ketat pada kandang dan lingkungan sekitarnya. Nah, bagi anda yang mau order desinmax, anda bisa order dengan cara klik disini.

One thought on “Mencegah Penyakit Infeksi Pseudomonas Pada Peternakan Ayam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *