Cara Menanggulangi Penyakit Enteritis Ulseratifa Pada Ayam

Ayampetelur.com – menjadi entrepreuner memang salah satu usaha yang memiliki banyak pilihan jalan untuk dilewati. Apalagi kita tinggal di negara indonesia yang memiliki banyak sumber daya alam yang luas untuk dimanfaatkan. Mulai dari bidang pertanian, peternakan, perikanan hingga pertambangan. Ada banyak peluang yang bisa kita ambil asalkan kita jeli terhadap peluang yang ada. Nah, salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk memulai entrepreneur ini adalah di bidang peternakan, khususnya peternakan unggas. Ayam menjadi komoditas yang paling dominan di dunia peternakan di indonesia ini. Ada banyak peternak ayam yang telah memulai usahanya tersebut bahkan sejak dulu. Nah, hal ini memang tidak bisa dipungkiri karena memang sudah ada pasar yang cukup luas untuk industri ayam di indonesia ini.

Satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari industri peternakan ayam ini adalah penyakit ayam. Bagi anda yang sudah lama berkecimpung di dunia peternakan mungkin sudah biasa dengan penyakit ayam. Tetapi bagi anda yang masih pemula mungkin belum terbiasa dengan salah satu tantangan dalam industri ini. Tentu ada langkah tertentu yang dilakukan oleh para peternak pendahulu sehingga bisa melewati hadangan rintangan ini dan bisa sukses dalam beternak ayam ini. Karena sebenarnya ada banyak macam penyakit ayam yang mengancam para ayam yang diternakan tersebut. Akan tetapi, kali ini kita akan membahas mengenai penyakit enteritis ulseratifa. Seperti apa penyakit ini dan bagaimana cara penanggulangannya?

Penyakit ini dinamakan penyakit enteritis ulseratifa, salah satu penyakit bakterial yang mungkin terjadi pada ayam. Jika dilihat dari sejarah, penyakit ini dulu pertama kali ditemukan pada burung puyuh. Sehingga nama penyakit ini sempat disebut quail disease. Namun, setelah diketahui bisa menjangkiti burung lain selain puyuh, maka nama penyakit ini kemudian diganti menjadi enteritis ulseratifa. Meskipun penyakit ini tidak bisa menular ke manusia, akan tetapi akan berbahaya bagi ayam karena salah satunya bisa menyebabkan mortalitas pada ayam.

Untuk bisa menanggulangi penyakit ini, maka kita juga harus tahu bagaimana asal-usul datangnya penyakit tersebut. Adapun penyakit enteritis ulseratifa ini sebenarnya sudah datang dari berbagai negara asing penghasil unggas seperti inggris, jerman, USA dan negara-negara amerika latin. Sedangkan untuk di indonesia sendiri, penyakit ini hanya kadang-kandang ditemukan, yaitu kebanyakan di daerah yang padat peternakan ayam saja. Dan penyakit ini biasanya muncul saat mengikuti jenis penyakit lainnya seperti penyakit gumboro, koksidiosis, teniasis atau saat ayam mengalami stres berat. Biasanya, penyakit ini akan menyerang ayam yang berumur 4-12 minggu. Sehingga, penting bagi ayam muda untuk mendapatkan perlindungan dari penyakit semacam ini. Apabila masih belum akut, penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala seperti gejala ayam menjadi lesu, malas bergerak, mata ayam hampir tertutup dan bulunya akan terlihat kusam.

Adapun apabila penyakit ini sudah semakin parah atau semakin akut, maka yang terjadi bisa lebih buruk dari yang diperkirakan. Jika sudah berlangsung selama satu minggu atau lebih, maka yang terjadi adalah ayam akan terlihat sangat kurus. Nah, untuk menanggulangi penyakit ini, peternak tentu saja lebih disarankan untuk melakukan tindakan preventif. Kita tahu bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Nah, untuk mencegah terjadinya penyakit ini, anda bisa melakukan praktek manajeman yang optimal, yang meliputi sanitasi yang tepat, kualitas litter yang cukup, kepadatan kandang yang tertata, dan lain-lain. Untuk menambah kekebalan ayam, peternak juga bisa memberikan vitamin penambah kekebalan ayam. Nah, bagi anda yang mau order vitamax, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *