Cara Membersihkan Kandang Ayam Petelur Yang Benar

ayam petelurKandang ayam petelur harus rajin anda bersihkan. Jika kandang ayam tersebut bersih maka akan membuat ayam petelur menjadi sehat. Akan tetapi sekarang banyak sekali peternak yang malas untuk membersihkan kandang. Hal yang harus anda mengerti adalah ayam petelur adalah hewan yang memiliki banyak kotoran. Apabila kotoran tersebut tidak dibersihkan dengan rutin akan membuat kotoran menjadi menumpuk. Jika kotoran menumpuk akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan banyak bakteri dalam kandang tersebut.

Anda harus membersihkan kandang ayam petelur secara rutin. Salah satu bagian kandang yang wajib anda bersihkan adalah bagian dalam. Anda harus menyapu bagian dalam kandang tersebut. Biasanya bagian dalam kandang akan terdapat banyak kotoran dari ayam maupun sisa pakan ayam petelur. Jika bagian dalam anda bersihkan maka ayam petelur akan menjadi sehat. Apabila bagian dalam anda tidak bersihkan maka akan membuat ayam menjadi kotor karena harus terkena kotoran yang ada di dalam kandang. Akan tetapi jika bagian dalam kandang bersih maka ayam akan menjadi bersih.

Selain bagian dalam kandang ayam petelur ada bagian lain yang harus anda bersihkan. Bagian yang dimaksud adalah bagian bawah kandang. Bagian bawah kandang akan menampung banyak kotoran ayam. Dengan demikian anda harus membersihkannya secara rutin. Jika anda tidak membersihkan bagian bawah kandang maka akan muncul bau yang tidak sedap. Anda bisa menyapu bagian bawah kandang pada pagi dan sore hari. Jika anda tidak sempat untuk membersihkan dua kali sehari maka anda bisa membersihkannya satu kali sehari pada sore hari.

Jika anda sudah membersihkan bagian dalam dan luar kandang ayam petelur maka anda harus menyemprotkan disinfektan ke kandang tersebut. Dengan menyemprotkan bahan kimia tersebut maka bakteri yang ada dalam kandang akan menjadi mati. Bakteri yang yang ada dalam kandang akan menimbulkan banyak penyakit jika tidak dibasmi. Dengan demikian anda harus menyemprotkan bahan kimia tersebut minimal 2 kali dalam seminggu. Apabila anda melakukan penjelasan diatas dengan baik maka kandang ayam akan menjadi lebih bersih dan sehat untuk ditempati ayam petelur.

Description: Kandang ayam petelur akan semakin maksimal jika dibersihkan secara rutin. Salah satu bagian yang wajib anda bersihkan pada kandang ayam adalah bagian bawah kandang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *