Waktu yang Tepat untuk Peremajaan Ayam Petelur

Peremajaan adalah kegiatan yang bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan produksi suatu peternakan. Dengan peremajaan, peternak akan mengganti kelompok ayam yang lama karena semakin lama produktifitas ayam akan semakin menurun dengan kelompok ayam yang baru yang akan mempertahankan kelangsungan produksi. Berhubungan dengan hal tersebut, tentu saja peternak akan melakukan program peremajaan dilakukan secara rutin. Peremajaan dapat dilakukan karena ayam yang dipelihara telah memasuki masa afkir atau karena ayam tersebut mengalami gangguan sehingga pemeliharaannya dianggap tidak efisien lagi. Untuk mempersiapkan kelompok ayam yang baru dalam rangkan peremajaan, perlu diperhatikan tiga hal, yakni target produksi, sarana dan prasarana, serta waktu peremajaan dan peluang pasar.

Pada waktu peternak ayam petelur melakukan peremajaan, target produksi yang akan dicapai haruslah disesuaikan dengan sarana kandang yang telah tersedia. Jika kandang yang tersedia dalam peternakan tersebut berjumlah 6000 ekor ayam dengan jadwal peremajaan sebanyak 3 kali dalam 1 tahun, maka pembelian kelompok ayam baru sebagai pengganti ayam lama di upayakan berjumlah 2000 ekor, tidak mungkin lebih atau kurang karena apabila lebih akan tidak ideal bagi ayam dan bila kurang maka keuntungan juga tidak akan maksimal. Jika kelompok ayam yang dibeli dalam jumlah yang melebihi populasi tersebut, maka nantinya akan menyulitkan peternak sendiri, karena kelebihan populasi tidak akan tertampung oleh sarana kandang yang tersedia. Begitu pula sebaliknya, jika kelompok ayam yang dibeli kurang dari populasi target, maka sebagian kandang akan menjadi tidak terisi yang berarti secara ekonomis keuntungan tidak akan optimal.

Target populasi di seluruh kandang sesuai jadwal hanya akan terlaksana bila sarana dan prasarana kandang pembesaran dan perawatan yang meliputi kandang grower, dengan segala peralatannya telah dipersiapkan dan memadai. Dengan alasan yang demikian, maka sebagai sarana peremajaan, mutlak diperlukan sarana kandang dengan segala perlengkapannya. Waktu atau jadwal peremajaan biasanya telah diprogramkan peternak dan sesuai atau sama dengan potensi strain yang dipelihara. Jika peternak memprogram 3 kali peremajaan dalam waktu satu tahun, minimal 1 kelompok peremajaan dapat disesuaikan dengan peluang pasar yang sekiranya sangat menguntungkan. Peluang pasar yang besar di Indonesia adalah saat hari-hari besar seperti hari raya lebaran, natal, dan tahun baru. Oleh karena itu, apabila peternak ingin memanfaatkan peluang pasar yang menguntungkan tersebut, maka sebaiknya kelompok ayam baru yang akan menggantikan kelompok lama harus dibeli sekitar 8 bulan sebelum hari raya tiba.

2 thoughts on “Waktu yang Tepat untuk Peremajaan Ayam Petelur”

  1. Slmt siang bapak.
    Salam kenal. Sy edy hartono /081287259919
    Klau boleh, sy mau minta alamat peternakan ayam petelur di Tangerang. Utk keperluan menawarkan jagung pipil ka 17%, dan mau minta no kontak bapak… terima kasih
    Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *