Penyakit Marek pada Ayam Layer / ayam petelur

Penyakit marek merupakan penyakit utama yang ada pada ayam petelur (layer). Biasanya menunjukkan gejal spesifik dengan ditemukannya tumor hampir semua anggota tubuh. Mulai dari ovarium, proventrikulus, ginjal, jantung, hati, limpa, leher, sampai jengger. Umur yang paling peka dalam terinfeksi marek adalah 12-14 minggu karena masa-masa hormonal. Di periode tersebut, stress ayam akan meningkat akibat perkembangan organ reproduksi. Kasus marek mengakibatkan kematian yang kontinyu, berlanjut dan meningkat pada minggu ke-16 atau menjelang reproduksi.

Penyakit marek telah menyebar ke seluruh dunia, disebabkan oleh galur virus yang sangat patogenik yang bertanggung jawab terhadap wabah akut dengan angka kematian hingga 50%, terutama pada ayam yang tertular dan tidak dikebalkan hingga umur 60 minggu. Virus yang bertanggung jawab pada pembentukkan tumor pada organ syaraf maupun viseral ini, bersifat imunosupresif dan ayam-ayam yang terkena penyakit ini akan peka terhadap infeksi berbagai virus dan bakteri. Cara penularan penyakit marek bersifat horizontal. Virus ini tahan terhadap pengaruh lingkungan dan dapat bertahan hidup sangat lama dalam kandang, terutama apabila pembersihan (dekontaminasi) setiap siklus produksi tidak dilaksanakan. Ayam-ayam yang terinfeksi akan melepaskan debu dari bulu yang tercemar virus dan menyebar melalui udara, peralatan, dan petugas kandang. Gejala klinis yang terjadi apabila menyerang syaraf perifer akan terjadi paresis (kelemahan) pada kaki atau sayap yang berlanjut dengan paralisis.

Kejadian marek di lapangan dapat disebabkan kontrol vaksin yang kurang baik. Salah satu faktor utamanya adalah saat thawing atau pengenceran vaksin marek dari beku menjadi bentuk cair. Proses ini merupakan waktu yang sangat kritis karena berlangsung dalam waktu yang amat singkat. Titik kritisnya, karena vaksin marek berada dalam satu sel dan mudah pecah. Bila thawing tidak benar dan selnya pecah, virus vaksin akan mati sehingga vaksinasi tidak efektif sama sekali. Karena bersifat imunosupresif (menekan sistem kekebalan tubuh) vaksinasi marek hendaknya dilakukan di hatchery di hari pertama kehidupan ayam. Pasalnya anak ayam tidak memiliki kekebalan tubuh yang diturunkan dari induknya, dan vaksinasi di hari pertama bermaksud untuk menghadapi tentangan penyakit yang ada di lapangan. Membiarkan DOC yang belum divaksin marek untuk dipelihara dapat berakibat fatal, maka dari itu tidak dianjurkan membeli DOC yang belum divaksin marek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *