Komposisi Utama Pakan Layer

promo ayam petelur 650

Pakan buatan pabrik jelas tidak mudah disaingi oleh pakan buatan peternak sendiri, mereka punya segalanya. Akses ke sumber pakan yang sudah tentu ada, riset yang berkelanjutan, pemasaran yang kuat dan lain-lain. Sedangkan peternak rakyat tidak memiliki akses dan mendapatkan harga yang paling minimum untuk membiayai ternaknya. Tentunya membuat pakan sendiri, meskipun hanya sebuah pilihan, bukanlah pilihan yang mudah dilaksanakan. Namun seperti umumnya peternak tradisional di Indonesia, mengoplos pakan pabrik dengan pakan bikinan sendiri, atau mengubah campuran bahan pakan sudah menjadi sebuah kebiasaan yang sukar dihilangkan. Mengganti komposisi pakan tindakan yang keliru, karena pakan pabrik biasanya telah memenuhi kebutuhan ayam layer, sedangkan bila dioplos pakan memang akan menjadi banyak dari segi kuantitas, tetapi belum tentu baik dari segi kualitas.

Perlu diketahui bahwa selain konsentrat dan jagung, katul atau dedak adalah komponen dalam campuran untuk pakan ayam petelur. Dalam musim tertentu, katul memang mudah didaapat dan harganya murah, namun pada bulan tertentu harganya dapat melambung tinggi dan sulit didapat. Ada 3 macam katul, yang pertama katul poles / PK1 atau garntex merupakan katul yang masih campur dengan sekam atau kulit padinya. Tentunya sangat tidak baik jika dicampur untuk pakan layer. Katul jenis ini biasa digunakan untuk pakan sapi perah atau untuk ternak babi di Bali. Katul pk2 merupakan hasil katul dari padi yang telah masuk mesin dan sekamnya telah dipisahkan, kemudian masuk poles sehingga katul yang dihasilkan kadar sekamnya sudah sedikit. Jenis katul ini sudah cukup layak untuk campuran pakan bersama jagung dan konsentrat. Sedangkan katul separator dihasilkan dari mesin poles yang padinya telah mengalami beberapa proses pecah kulit sehingga persentase dari sekam padinya Cuma 5%. Tentu saja katul ini sudah sangat layak dan harganya paling mahal.

Saat sekarang ini sangat sulit menemukan katul asli, seringkali merupakan PK1 yang telah digiling kembali. Bahkan yang lebih parah, para pedagang biasa mencampur katul dengan tepung batu yang merupakan bahan dasar pembuat keramik dan bentuknya mirip dengan katul. Untuk mengethaui ada tidaknya tepung batu dan banyaknya sekam yang digiling, pabrik biasanya mengunakan larutan tertentu untuk dapat mendeteksi campuran yang ada dalam katul. Biasanya larutan tersebut digunakan oleh pabrik untuk Quality Control katul yang masuk ke pabrik. Agar kualitas pakan bagus selalu tambahkan suplemen VITAMAX dalam air minum ayam petelur.

promo ayam petelur 650

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>